GELANDANGAN DI KOTA SEOUL

Orang mungkin mengira kota2 besar dan maju itu sudah nggada warga menggelandang. Bahkan kota seperti Seoul pun ada. Dan banyak.

Contohnya di stasiun kereta Seoul ini. Sebagai stasiun pusat, stasiun ini yang paling ramai dan strategis. Selain stasiun umum untuk kereta metro/ MRT, stasiun ini juga jadi stasiun untuk kereta bandara Incheon dan kereta antar kota. Tonton saja film Train To Busan. Kira2 seperti itu. Dalam stasiun ini juga penumpang pesawat Korea Air, Asiana & China Southern bisa langsung check in, dapat boarding pass, taruh koper ke bagasi, & proses imigrasi. Di Incheon nanti tidak perlu antri imigrasi seperti umumnya. Cukup lewat jalur khusus.

Mengingat kompleksnya fungsi stasiun Seoul, bisa dibayangkan luasnya stasiun ini. Mungkin kombinasi stasiun Manggarai + Pasar Minggu + Gambir. Gede banget.

Meski tertib dan bersih, ada satu sisi bangunan yang tak sedap mata. Ada sangat banyak gelandangan di sini. Homeless people. Sebagian juga orang2 yang habis mabuk semalaman dan ngga pulang ke rumah. Mereka tidur begitu saja di trotoir, tangga stasiun, atau belakang pos polisi.

Foto di atas tampak bersih dan bagus khan? Nyatanya di sisi kanan (tak tertangkap kamera) adalah segerombolan gelandangan tidur. Sejauh yang saya alami (saya menginap 8 malam di seberang stasiun itu dan tiap hari ke situ) mereka tak mengganggu warga lalu-lalang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s